APA ITU PROGRAM SAP DAN BAGAIMANA MENGGUNAKANNYA



Anda mungkin saat ini sedang mencari informasi tentang program SAP. Sebenarnya, Program SAP dapat berarti banyak hal, jadi mari kita bahas apa yang dapat diartikan kebanyakan orang tentang program SAP. Dalam kasus yang paling umum, mungkin mereka mengacu pada satu atau beberapa komponen dari  aplikasi bisnis SAP. Semua aplikasi bisnis SAP pada dasarnya adalah sebuah software. Untuk alasan ini, kita dapat menggunakan istilah '"Program SAP".

Contoh tampulan GUI SAP
Contoh tampulan GUI SAP


Apa itu Program SAP?

Aplikasi SAP dapat ditandai dengan kompleksitas yang tinggi. Mereka mampu melakukan banyak fungsi yang berbeda untuk mendukung kegiatan operasi perusahaan. SAP terdiri dari sejumlah besar program dan sub-program. Program SAPberupa sebuah instruksi terstruktur yang ditulis dalam bahasa pemrograman khusus yang disebut ABAP, yang mengontrol perilaku komputer untuk merekam transaksi bisnis dan melakukan berbagai fungsi analisis. Ketika program SAP sedang dijalankan, ia memiliki fungsi bisnis tertentu untuk pengguna sistem SAP. Sebagai contoh, SAP memiliki sebuah program untuk membuat dan menyimpan order penjualan. Pengguna sistem SAP akan menangkap dan menyimpan dalam database pesanan baru dari klien mereka dengan bantuan program SAP ini.

Siapa yang Menggunakan SAP Software?

Software SAP tergolong mahal, dan umumnya hanya dibeli oleh perusahaan. Ini dikarenakan fungsi utama dari software SAP adalah untuk mengotomatisasi proses bisnis dari sebuah perusahaan tertentu. Oleh karena itu, itu membuat banyak akal bahwa tak ada gunanya menginstalnya pada komputer pribadi. Selain itu, tidak setiap perusahaan membutuhkan Program SAP. Bagi kebanyakan perusahaan kecil dan menengah, fungsi yang ditawarkan oleh SAP terlalu berlebihan dan terlalu canggih untuk kebutuhan mereka. Ada banyak alternatif dari SAP yang lebih murah dan lebih sederhana. Alternatif-alternatif ini  cocok untuk perusahaan kecil yang tidak memiliki anggaran yang besar untuk sistem IT. Kekuatan sebenarnya dari software SAP akan maksimal ketika sistem ini digunakan untuk mengelola perusahaan multinasional (misalnya, Coca-Cola atau Apple). SAP digunakan di hampir setiap perusahaan global karena menawarkan kemampuan skalabilitas yang luar biasa dan dapat menangani operasi bisnis di tempat yang berbeza.

Bagaimana Cara Mengoperasikan Program SAP?

Biasanya perusahaan akan menyewa konsultan SAP untuk mengimplementasikan program SAP, dan mengurus pelatihan karyawan mereka tentang bagaimana bekerja dengan SAP. SAP memiliki beberapa tingkatan, dan semua pekerjaan dengan SAP, dilakukan melalui  Graphical User Interface (GUI). GUI menyajikan berbagai tampilan untuk para pengguna, dimana mereka dapat memasukkan data atau membaca beberapa informasi yang diambil dari database. Tidak terlalu sulit untuk mengoperasikan program SAP, tetapi beberapa pelatihan sangat diperlukan, karena banyak hal yang mungkin dapat membingungkan. Menjadi seorang konsultan SAP lebih menuntut keterampilan SAP, dan memerlukan pelatihan SAP dan pengalaman hands-on.

Comments

Popular Posts